Membangun Kebiasaan Membaca, 7 SD Intervensi DB7 Ikuti Pelatihan Perpustakaan Ramah Anak di UNIMUDA Sorong
KEMITRAAN UNIMUDA - UNICEF : Kabupaten Sorong, 18-19 Februari 2020 merupakan moment yang menggembirakan bagi 7 sekolah intervensi program penguatan literasi baca tulis kemitraan Unimuda dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sorong bersama Unicef dengan dukungan dana dari David Beckham Foundation (DB7), pasalnya selama 2 hari ini 7 sekolah intervensi ini mendapatkan pelatihan terkait manajemen dan pengelolaan perpustakaan ramah anak.
Masing-masing sekolah mengirimkan 2 peserta yaitu kepala sekolah dan pustakawan untuk menimba pengamalan dan pengetahuan bersama tim pelatih dari Kemitraan Unimuda – Unicef. 2 hari pelatihan dimaksimalkan peserta untuk mengambil ilmu dan bertukar pengalaman dari sekolah masing-masing. Muatan selama pelatihan diantaranya tentang standar perpustakaan ramah anak, adiministrasi perpustakaan ramah anak, kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam perpustakaan ramah anak dan bagaimana menggandeng partisipasi dari orang tua dan masyarakat dalam menciptakan dan menjalankan perpustakaan ramah anak ini di sekolah masing-masing.
Bersama kita ketahui bahwa salah satu faktor pendukung terciptanya suasana literasi dan membangun kebiasaan membaca anak sejak dini adalah dengan tersedianya akses terhadap bahan bacaan yang mudah, inilah salah satu alasan yang mendasari Kemitraan Unimuda – Unicef untuk melaksanakan kegiatan pelatihan perpustakaan ramah anak bagi 7 sekolah intervensi program di tahun 2020 ini.
Keberadaan perpustakaan ramah anak ini sendiri sudah dinilai berhasil untuk membangkitkan minat baca anak-anak di sekolah. Hal ini dapat dilihat pada eksistensi perpustakaan ramah anak di 3 sekolah dampingan lain yang sudah membuka dan menjalankan perpustakaan ramah anak sejak akhir tahun 2017 lalu.
Dari pelatihan ini diharapakan 7 sekolah yang baru dilatih dapat juga mengimplementasikan apa yang sudah didapatkan selama masa pelatihan seperti komitmen yang sudah dituliskan masing-masing peserta dalam surat cinta untuk merevitalisasi perpustakaan ramah anak di sekolah masing-masing. IGS/Nsl.
Komentar
Posting Komentar